BIMTEK SIPADES DAN SISKEUDES, PERANGKAT KAMPUNG SE-TULANG BAWANG TAHUN 2019


BIMBINGAN TEKNIS : DPC APDESI Tulang Bawang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sitem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES) dan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) bagi Perangkat Desa dihotel Novotel Bandar Lampung.

sidoharjo.desa.id Penawartama – Guna menerapkan prinsip akuntabilitas dalam tata pemerintahan desa, Kepala Kampung se Kabupaten Tulang bawang melalui Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (DPC APDESI) Tulang Bawang bekerja sama dengan Lembaga Manajemen Keuangan Dan Ilmu Pemerintahan (LMKIP) dan Lembaga Pengembangan Potensi dan Kemandirian Desa (LPPKD) setelah berkonsultasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Tulang Bawang menggelar Bimbingan Teknis (BIMTEK) Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES) dan Sistem Keuangan Aset Desa (SISKEUDES) bagi Perangkat Desa.

BIMTEK dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra) “Drs. AKHMAD SU HARYO, M.Si Selasa (30/4/2019) di Hotel Novotel Bandar Lampung. Acara tersebut dihadiri oleh 584 peserta dari 146 Kampung se-Tulang Bawang terdiri dari Kepala Kampung, Jurutulis Kampung, Kaur Keuangan dan Bendahara Barang dan direncanakan acara BIMTEK tersebut akan berakhir pada tanggal (3/5/2019), sedangkan Nara Sumber Bimtek berasal dari Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri.

Selain membuka acara, Asisten I (Bidang Pemerintahan dan Kesra) juga mengatakan dalam sambutanya bahwa “dalam hal tata kelola pemerintahan desa, semua kegiatan penyelenggaraan pemerintahan pada akhirnya harus dapat dipertanggung jawabkan kepada masyarakat desa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Salah satunya adalah pengelolaan keuangan desa, yang mana pemerintah desa wajib menyusun laporan pertanggung jawaban realisasi pelaksanaan APBKam/APBDes berbasis aplikasi Siskeudes, selain itu pengelolaan aset desa juga harus terlaporkan  melalui aplikasi Sipades, sehingga aset desa yang ada, baik yang dibangun dari Anggaran APBN, APBD maupun dari sumber anggaran yang lain, tidak hilang dan tidak bermasalah dikemudian hari.



Foto Suasana diruang Bimtek, saat acara Pembukaan (Selasa, 30/4/2019)

Berkaitan dengan hal tersebut, maka pengembangan wawasan dan pengetahuan bagi penyelenggara pemerintah desa penting dilaksanakan melalui kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) bagi perangkat desa.

Adapun tujuan dilaksanakanya Bimtek ini adalah agar perangkat desa mampu melakukan perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan dan pelaporan aset desa serta pengelolaan keuangan  desa secara baik dan benar yang berbasis aplikasi Sipades dan Siskeudes.

Salam dari pelosok Negeri..

Merdesa…!!

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan